Misteri Cicada 3301, Teka-teki di Internet Paling Misterius

Cicada 3301.jpg

Kalian suka memecahkan teka-teki? Ya, memecahkan teka-teki itu memang sangat seru apalagi saat kita berhasil memecahkannya, kita akan merasa sedikit jenius meskipun itu hanya sekedar teka-teki silang atau tebak gambar. Jika kalian merasa jenius dan teki-teki silang atau tebak gambar terlalu mudah maka bisakah kalian memecahkan salah satu teka-teki paling misterius dan paling sulit di pecahkan di internet? Ya, internet adalah sebuah dunia luas yang hampir atau bahkan sebanding dengan dunia ini, banyak misteri dan hal-hal yang belum terungkap di dalamnya termasuk salah satu teka-teki bernama Cicada 3301. Apa itu Cicada 3301?

Awal Mula Cicada 3301


Bermula dari sebuah situs berbagi gambar 4chan yang mana di situs tersebut kita bisa mengunggah foto secara anonim, pada tanggal 4 Januari 2012 teka-teki Cicada 3301 di mulai dengan munculnya teki-teki pertama. Selanjutnya pada tahun 2013 dan 2014, Cicada 3301 kembali mengeluarkan teka-tekinya pada tanggal yang sama yakni 4 Januari. Pada 2015, Cicada 3301 menghilang namun pada tanggal 5 Januari 2016 kembali mengeluarkan teka-teki terbarunya.

Nama Cicada 3301 bukanlah nama yang di pilih oleh si pembuat teka-teki, pada awalnya nama samaran si pembuat hanya 3301 sementara Cicada adalah nama yang diberikan oleh orang-orang yang mencoba memecahkan teka-teki tersebut karena teki-teki yang ditampilkan mirip hewan cicada (dalam bahasa Indonesia dikenal dengan tonggeret), akhirnya teka-teki ini mulai dikenal dengan Cicada 3301.

Tantangan teka-teki Cicada 3301 pada tahun 2012.

Cicada 3301 2012.jpg

Tantangan teka-teki Cicada 3301 pada tahun 2013.


Tantangan teka-teki Cicada 3301 pada tahun 2014.

Cicada 3301 2014.jpg

Tantangan teka-teki Cicada 3301 pada tahun 2016.

Cicada 3301 2016.jpg

teka-teki Cicada 3301 lainnya.

Cicada 3301 Puzzle 1.jpg

Cicada 3301 Puzzle 2.jpg

Cicada 3301 Puzzle 3.jpg

Misteri Cicada 3301


Melihatnya saja saya bingung mau di apakan teka-teki itu. Kabarnya hanya orang-orang yang menguasai kriptologi heksadesimal, puisi Welsh Abad Pertengahan, dan teori musik klasik yang mungkin bisa memecahkan teka-teki tersebut. Menurut orang-orang yang mencoba memecahkannya, kode-kode di Cicada 3301 juga sangat rumit, mencakup abjad Anglo Saxon, puisi-puisi karangan William Blake dari abad pertengahan, Kabbalah, ajaran agama Budha, ilmu filsafat, hingga teknologi GnuPG Privacy Guard.

Cicada 3301 memang penuh dengan misteri, dari mulai siapa pembuatnya sampai apa tujuannya masih belum diketahui. Dari pesan-pesan yang di buat Cicada 3301 kita bisa sedikit menyimpulkan kalau si pembuat sedang mencari seseorang yang jenius, Cicada 3301 bisa dibilang sebagai tes atau ujian. Karena itulah banyak yang bilang kalau teka-teki Cicada 3301 merupakan cara perekrutan organisasi rahasia seperti Secret Intelligence Service (SIS) a.k.a. MI6, National Security Agency (NSA), Central Intelligence Agency (CIA) sampai Freemason.

Sebagian orang ada yang beranggapan kalau Cicada 3301 hanyalah puzzle buatan orang iseng yang mencari sensasi. Namun, teka-teki ini terlalu rapi dan kompleks untuk hanya sekedar iseng mancari sensasi. Sungguh tidak ada kerjaan untuk orang yang membuat teka-teki serumit Cicada 3301 hanya untuk cari sensasi.

Pemecahan Teka-teki


Saat teka-teki pertama Cicada 3301 muncul pada tahun 2012 dunia dibuat heboh. Di beberapa negara di Benua Eropa seperti Spanyol, Belanda hingga Rusia poster-poster kode QR Cicada 3301 terpasang di beberapa lampu jalan. Tidak diketahui siapa yang memasang poster itu namun hal itu membuat para pemecah kode, penggemar misteri sampai para detektif tertantang memecahkan teka-teki tersebut. Bahkan katanya ada yang membuat forum khusus untuk membahas Cicada 3301.

Poster Cicada 3301.jpg

Seseorang yang ikut serta dalam upaya memecahkan Cicada 3301 mencoba membuka gambar teka-teki tahun 2012 di sebuah text editor, WordPad. Hasilnya muncul sebuah sandi caesar yang berisi;

TIBERIVS CLAVDIVS CAESAR says “lxxt>33m2mqkyv2gsq3q=w]O2ntk”

Sandi tersebut di pecahkan dan menghasilkan sebuah url atau link. Ketika url tersebut di buka di internet malah muncul gambar bebek dengan sebuah pesan;

“WHOOPS ini hanyalah umpan. Sepertinya Anda tidak bisa menebak bagaimana cara menyampaikan pesan.”

Gambar Bebek Cicada 3301.jpg

Pesan tersebut sepertinya memberitahu kalau cara yang digunakan si pemecah teka-taki salah. Hal ini juga membuktikan bagaimana kompleks nya Cicada 3301, ia bahkan menyelipkan pesan jika kita menggunakan metode yang salah untuk memecahkan teka-teki ini. Orang yang niatnya hanya iseng ingin membuat sensasi mustahil membuat teka-teki yang sangat detail seperti ini.

Setelah berbagai metode yang di gunakan, akhirnya teka-teki Cicada 3301 mengarah kepada sebuah nomor telepon yaitu (214) 390-9608. Saat salah seorang peserta pemecah teka-teki ini menghubungi nomor telepon tersebut, sebuah suara dengan pesan baru terdengar. Kalian bisa mendengarkannya melalui video di bawah ini.


Jika kalian sedang tidak bisa atau malas membuka videonya tenang saja, di bawah ini kalian bisa membaca isi pesan tersebut yang sudah di translate ke bahasa Indonesia.

“Sangat bagus. Anda telah melakukannya dengan baik. Ada tiga bilangan prima yang terkait dengan gambar akhir asli .jpg. 3301 adalah salah satunya. Anda harus menemukan dua lainnya. Kalikan ketiga angka ini bersama-sama dan tambahkan .com di ujung untuk menemukan langkah selanjutnya. Semoga berhasil. Selamat tinggal.”

Setelah pesan dari nomor telepon itu berhasil diselesaikan, kabarnya di dapatkan sebuah gambar teka-teki lagi yang kemudian berhasil di pecahkan dan didapatlah sebuah url yang merujuk pada sebuah website. Website tersebut berisi hitungan mundur selama 3 hari dengan pesan;

“Anda telah melakukannya dengan baik sampai sejauh ini. Sabar adalah kuncinya. Kembali lah lagi ke sini pada hari Senin, tanggal 9 Januari 2012 pukul 17:00 UTC”

Apa yang terjadi 3 hari kemudian? Website tersebut menampilkan koordinat GPS dari 14 lokasi yang berbeda di seluruh dunia. Lokasi-lokasi tersebut diantaranya berada di kota Warsaw, Seoul, Paris, Sydney, Hawaii, Miami, New Orleans dan Seattle.

Orang-orang yang ikut berusaha memecahkan Cicada 3301 dari masing-masing kota tersebut pergi menuju lokasi yang di maksud dan mereka semua menemukan satu hal yang sama yaitu sebuah kertas berisikan QR code, dengan logo Cicada 3301 yang khas itu. Kabarnya kode QR itu setelah dipecahkan berisikan url baru dan teka-teki baru.

Orang-orang terus mencari jawaban atas teka-teki Cicada 3301 pada tahun 2012 itu, sampai satu bulan setelah pertama kali teka-teki ini keluar, Cicada 3301 kembali mengunggah sebuah gambar pernyataan di situs 4chan.

“Kami sekarang menemukan orang cocok yang kami cari. Dengan demikian perjalanan kita selama sebulan berakhir. Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya apa yang kami lakukan, kami sangat mirip dengan * think tank * di mana fokus utama kami adalah meneliti dan mengembangkan teknik untuk membantu ide-ide yang kami dukung kebebasan, privasi, keamanan.”

Sepertinya si pembuat Cicada 3301 sudah menemukan orang yang mereka cari. Tapi, tidak ada satupun dari orang-orang yang ikut serta memecahkan teka-teki tersebut yang mengaku mendapat undangan bergabung pada organisasi si pembuat Cicada 3301. Atau mungkin, orang tersebut tidak mengakuinya, entahlah...

Itu baru tahun 2012, belum tahun-tahun berikutnya. Untuk mengetahui perkembangan Cicada 3301 silakan kunjungi https://uncovering-cicada.fandom.com/wiki/Uncovering_Cicada_Wiki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Cicada 3301, Teka-teki di Internet Paling Misterius"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel