Misteri Kematian Chris Benoit

Misteri Kematian Chris Benoit.jpg

Untuk kalian yang suka dengan dunia gulat profesional WWE pasti tahu dengan Chris Benoit. Beda lagi dengan saya dan orang-orang lainnya yang hanya sekedar tahu gulat WWE tidak sampai menggemarinya, yang saya tahu hanya The Rock dan John Cena, itupun karena mereka main film. Tapi, sudahlah kali ini kita tidak akan membahas soal dunia adu banting tersebut tapi sebuah kejadian yang menimpa salah satu pelaku gulat WWE yakni Chris Benoit.

Lahir di Montreal, Quebec, Canada pada tanggal 21 Mei 1967 dengan nama asli Christopher Michael Benoit ia adalah salah satu pegulat berprestasi di kancah pro wrestling. Diantara banyaknya gelar yang ia raih adalah WWE Tag Team Championship bersama Kurt Angle, WWE United States Championship, WWE Intercontinental Championship, WWE World Tag Team Championship bersama Chris Jericho dan Edge, World Heavyweight Championship dan Royal Rumble (2004), jika di total pegulat yang memiliki julukan The Crippler ini sudah merengkuh 22 title di dunia gulat profesional WWE.

Benoit meninggal pada tanggal 24 Juni 2007 di kediamannya di Fayetteville, Georgia, U.S dengan cara yang tragis dan mengerikan. Ia meninggal dengan cara gantung diri, bukan hanya dirinya tapi ia juga "mengajak" istri dan anaknya untuk meninggalkan dunia. Kejadian yang menimpa keluarga Benoit ini terjadi selama tiga hari yakni pada tanggal 22, 23 dan 24 Juni 2007. Sebelum mengakhiri hidupnya Benoit terlebih dahulu membunuh istrinya Nancy Benoit dan anaknya Daniel Benoit. Hasil otopsi menunjukkan bahwa Benoit membunuh istrinya dengan kaki dan pergelangan tangan terikat yang membuat istrinya meninggal karena sesak napas. Sedangkan anaknya meninggal karena dicekik oleh Benoit setelah di beri obat bius yakni obat penghilang cemas Xanax. Setelah membunuh, Benoit kemudian meletakkan Alkitab di samping mayat istri dan anaknya sebelum akhirnya ia gantung diri dan tewas.

Banyak dugaan motif tindakan tak masuk akal Benoit di antaranya karena gegar otak, penggunaan steroid yang tidak terkontrol sampai permasalahan keluarga dengan istrinya. Seperti yang kita tahu menjadi pegulat WWE adalah pekerjaan berat, memang semua yang tampil di dalam ring sudah di atur oleh naskah di belakang layar tapi resiko cedera tetap besar karena gerakan-gerakan yang dilakukan si pegulat yang berbahaya. Benoit termasuk salah satu pegulat yang tergolong nekat karena (mungkin) satu-satunya bintang WWE yang mau menerima pukulan di belakang kepala padahal itu sangat membahayakan saraf. Selain itu Benoit juga sering menggunakan kepalanya untuk menyerang yang membuat resiko gegar otak semakin besar terhadap dirinya.

Seorang kepala bedah saraf di Universitas Virginia Barat bernama Julian Bailes pernah memeriksa otak Benoit dan hasilnya ditemukan otak yang sudah begitu rusak parah dan dikatakan menyerupai otak dari pasien alzheimer berusia 85 tahun. Julian Bailes bahkan menyamakan kondisi otak Benoit dengan kondisi otak 4 pemain NFL (National Football League) yang telah menderita beberapa gegar otak. Gegar otak yang menimpa Benoit tersebut dikatakan sudah terjadi berulang tanpa penanganan serius sehingga menyebabkan demensia yang menyebabkan perilaku seseorang menjadi tidak terkendali.

Selain karena gegar otak, penggunaan steroid juga dinilai berkontribusi atas kejadian tersebut. Benoit diketahui menggunakan steroid secara ilegal untuk membesarkan ototnya. Kabarnya juga karena penggunaan steroid yang tak wajar itu ukuran jantung Benoit tiga kali lebih besar dari ukuran jantung orang normal. Menurut seorang dokter yang memeriksa jantung Benoit, walaupun Benoit tidak bunuh diri saat itu ia tetap akan meninggal dalam waktu dekat karena masalah jantung tersebut.

Permasalahan rumah tangga juga diduga sebagai salah satu penyebab aksi nekat Benoit. Waktu itu hubungan Benoit dan Nancy memang dalam keadaan kurang harmonis bahkan Nancy sempat menggugat cerai Benoit karena Benoit kabarnya selingkuh dengan seorang WWE Diva namun gugatan tersebut di tarik kembali. Anak Benoit juga diketahui menderita sindrom fragile x, sindrom yang mirip autisme. Ditambah Benoit ditinggal sahabat dekatnya Eddie Guerrero yang meninggal pada tahun 2005 akibat serangan jantung. Kabarnya hampir setiap malam Benoit menangis mengenang Eddie sambil menulis di sebuah buku diary yang berisi tentang curahan hatinya. Nyatanya dengan tubuh kekar sekalipun belum tentu bisa menahan beban hidup yang begitu berat.

Jika tidak ada kasus ini sebenarnya Chris Benoit dijadwalkan untuk melawan CM Punk di Vengeance 2007 lalu posisinya digantikan oleh Johnny Nitro. Saat Vengeance 2007, Official mengumumkan jika Benoit tidak bisa hadir karena "family emergency" hingga pada tanggal 25 Juni terungkap jika Chris Benoit sudah meninggal. WWE kemudian mengadakan Tribute untuk Chris Benoit di acara RAW tanggal 25 Juni. RAW tanggal 25 Juni tersebut diisi dengan penghormatan Benoit termasuk cerita karir dan kumpulan match Benoit selama di WWE tetapi sejak WWE mendapat info jika Benoit meninggal secara tidak wajar sekaligus membunuh keluarganya, WWE mulai menjaga jarak dengan Benoit hingga akhirnya pada tanggal 26 Juni di acara ECW sang CEO WWE Vince McMahon muncul dan mengatakan WWE tidak akan pernah lagi menyebut nama Chris Benoit.

Setelah kematiannya tersebut WWE mulai menghapus nama Benoit dari semua program mereka. Merchandise yang berhubungan dengan Benoit resmi ditarik bahkan Benoit tidak pernah disebutkan lagi sebagai pegulat yang pernah menjadi World Heavyweight Champion. Paling mencolok adalah saat perilisan game WWE Smackdown vs Raw 2008, Karakter Benoit langsung dihapus termasuk dengan finisher Benoit yaitu "Crippler Crossface " juga resmi dihapus. Jangan lupakan juga Benoit dan Shawn Michaels adalah 2 pegulat yang pernah menjuarai Royal Rumble ketika masuk dari nomor urut satu tetapi setelah kasus tersebut hanya nama Shawn Michaels yang disebutkan dan nama Benoit tidak pernah disebutkan lagi.

WWE memang terkesan jahat pada Benoit padahal WWE juga secara tidak langsung bertanggung jawab atas hal tersebut lantaran mengabaikan kesehatan para pegulatnya. Tapi semenjak kematian Benoit, WWE mulai memperketat aturan "Welness Policy" untuk para pegulatnya. WWE juga sekarang sering melakukan tes kesehatan kepada para superstars mereka dan jika ada yang menggunakan obat-obatan yang dilarang oleh WWE maka dia akan mendapat sanksi, Roman Reigns pernah di suspend selama 30 hari karena melanggar aturan tersebut. WWE juga mulai lebih memperhatikan cedera gegar otak, jika ada pegulat yang mengalami gegar otak maka si pegulat akan menjalani tes untuk melihat apakah ia masih bisa naik ke atas ring atau harus pensiun, Daniel Bryan adalah salah satu pegulat yang dipensiunkan WWE karena cedera gegar otak berulang.

Hal aneh sempat terjadi dalam tragedi ini. Sebuah artikel tentang kematian Nancy Benoit sempat diposting di situs Wikipedia 14 jam sebelum polisi menemukan mayat keluarga Benoit. Tentu saja ini hal janggal, dari mana si penulis mendapatkan info kematian Nancy padahal polisi saja belum menemukan mayatnya apalagi mempublikasikan kasus ini ke publik. Si penulis tidak meninggalkan namanya di Wikipedia tapi dari alamat IP-nya dapat diketahui lokasinya, yang mengejutkan ternyata lokasi si penulis berada di sekitar markas WWE atau lebih tepatnya 6 kilometer dari markas WWE. Namun, orang denga alamat IP yang sama sudah mengunggah permohonan maafnya karena menulis artikel tersebut.

"Saya hanya seorang biasa yang menuliskan pernyataan yang salah pada waktu yang salah, kemudian mendapatkan banyak perhatian karena ternyata pernyataan itu benar-benar terjadi."

Jadi, apakah itu hanya kebetulan atau ada sesuatu yang terjadi tanpa sepengetahuan publik.

Artikel misterius tersebut sepertinya menjadi pemicu teori konspirasi kematian keluarga Benoit. Salah satu teori konspirasi menyatakan kalau Benoit tidak membunuh keluarganya tapi mereka bertiga dibunuh oleh Kevin Sullivan yakni mantan suami Nancy. Teori tersebut adalah yang paling populer terkait kematian keluarga Benoit. Kevin diduga marah karena Benoit merebut Nancy darinya. Tapi, Kevin sudah memberikan klarifikasi terkait dugaan tersebut.

Pada salah satu interview, Chavo Guererro sahabat dekat Benoit menceritakan bahwa ia sempat ditelepon oleh Benoit pada Jumat malam, malam dimana Nancy dibunuh. Pembicaraan selama 45 menit itu diakhiri Benoit yang akan membuka pintu karena ada seseoang yang mengetuk pintu rumahnya. Telepon saat itu belum di tutup sampai Chavo mendengar keributan kecil secara samar lalu telepon ditutup. Benoit juga sempat mengirimkan pesan, pesan itu berisi tulisan bahwa pintu garasinya terbuka dan seperti ada seseorang di kolam renang. Tetangga Benoit pada Jumat malam juga melihat seorang berbadan besar keluar dari rumah Benoit menggunakan kaus dan celana hitam.

Chris Benoit bunuh diri pada Sabtu malam namun pada hari Minggu ponsel Benoit masih sempat mengirimkan pesan-pesan misterius pada rekan kerjanya di WWE. Berikut kronologi SMS yang dikirimkan Benoit pada hari Minggu:
Minggu, 24 Juni 2007, pukul 3:53 pagi, dari ponsel Chris Benoit: "Alamat fisik saya adalah 130 Green Meadow Lane, Fayetteville Georgia. 30215"
Minggu, 24 Juni 2007, pukul 3:53 pagi, dari ponsel Chris Benoit: "Anjing-anjing berada di area kolam renang yang tertutup. Pintu garasi di samping tidak terkunci"
Minggu, 24 Juni 2007, pukul 3:54 pagi, dari ponsel Nancy Benoit: "Alamat fisik saya adalah 130 Green Meadow Lane, Fayetteville Georgia. 30215"
Minggu, 24 Juni 2007, pukul 3:55 pagi, dari ponsel Nancy Benoit: "Alamat fisik saya adalah 130 Green Meadow Lane, Fayetteville Georgia. 30215"
Minggu, 24 Juni 2007, pukul 3:58 pagi, dari ponsel Nancy Benoit: "Alamat saya adalah 130 Green Meadow Lane, Fayetteville Georgia. 30215"

Ada 2 kemungkinan hal itu bisa terjadi. Bisa saja pesan itu dikirimkan Benoit sendiri namun delay atau pesan itu dikirimkan pembunuh keluarga Benoit. Anehnya lagi polisi tidak dapat menemukan HP Benoit padahal hari Minggu masih ada pesan terkirim. Lalu ada juga 10 kaleng kosong alkohol didekat tubuh Benoit, namun ia negatif alkohol saat dites. Seorang sahabat Benoit juga bilang bahwa Benoit pernah menyampaikan bahwa ia seperti diikuti oleh seseorang. Selain itu polisi juga beberapa kali merubah pernyataan terkait penyebab kematian anak Benoit, sebelumnya polisi menginformasikan bahwa putra Benoit itu meninggal di dalam kantung plastik sampah, namun diubah karena dibekap bantal dan diubah lagi karena dicekik.

Misteri kematian tragis keluarga Benoit biarlah tetap menjadi misteri karena pihak kepolisian sendiri sudah menutup kasus ini dan menyatakan kasus ini sebagai double-murder and suicide.

Kisah tragis Chris Benoit ini kemudian dibuatkan buku oleh Matthew Randazzo dengan judul "Chris Benoit & The Fall of the Pro Wrestling Industry". Sebuah buku yang kontroverial karena berani mengupas kejamnya dunia pergulatan WWE yang dipenuhi berbagai skandal seperti ketergantungan narkoba, keretakan rumah tangga, seks bebas dan penggunaan steroid di kalangan pegulat profesional.

Tags: Chris Benoit, SmackDown, WWE, Kematian Misterius Selebritis, Public Figure, Orang Terkenal, Bunuh Diri, Pembunuhan, Teori Konspirasi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Kematian Chris Benoit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel