Teori Zoo Hypothesis, Benarkah Manusia Sudah Diawasi Alien?

Teori Zoo Hypothesis.jpg

Membahas yang namanya alien memang tidak ada habisnya. Misteri tentang kebenaran adanya kehidupan di luar angkasa dan kemungkinan kita untuk berkomunikasi dengan mereka jika mereka memang ada selalu menarik untuk di bahas. Meskipun belum terbukti keberadaannya tapi alien sudah sangat familiar di telinga kita.

Alam semesta ini sangat luas. Sayangnya tingkat kecerdasan kita belum sampai untuk menjelajahinya, bahkan Galaksi Bima Sakti tempat Bumi saja masih menyimpan banyak hal yang belum kita ketahui, bayangkan galaksi-galaksi lain yang belum terjamah oleh manusia. Maka dari itu tak menutup kemungkinan adanya peradaban lain seperti kita di luar sana. Lalu jika alam semesta ini sangat luas dan kemungkinan adanya kehidupan luar angkasa juga besar maka kenapa kita belum bisa bertemu dan menjalin komunikasi dengan mereka?

Fermi paradox mempertanyakan hal yang kurang lebih sama seperti di atas. Paradoks tersebut di cetuskan oleh Enrico Fermi pada tahun 1950-an.

Banyak jawaban terhadap paradoks tersebut dan salah satunya adalah Zoo Hypothesis atau dalam bahasa Indonesia "Hipotesis Kebun Binatang". Teori tersebut di bahas pada pertemuan yang di adakan oleh Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI) pada 18 Maret 2019 di Paris, Prancis. Pertemuan tersebut di hadiri oleh 60 ilmuwan internasional. Apa itu Zoo Hypothesis?

Zoo Hypothesis dikemukakan oleh Dr. John Ball pada tahun 1973 sebagai salah satu dari banyaknya jawaban untuk Fermi paradox. Hipotesis ini menganggap bahwa alien sudah mengawasi dan meneliti prilaku kita sebagaimana kita mengawasi binatang di kebun binatang. Namun, para alien hanya sebatas mengawasi dan meneliti tidak sampai menjalin komunikasi. Jika hipotesis itu benar, Presiden METI, Douglas Vakoch mengatakan kalau manusia harus terus meningkatkan kemampuan agar pesan dari manusia bisa sampai kepada para "pawang". Jika manusia bisa menyampaikan pesan di harapkan para alien bisa menganggap kita sudah cukup cerdas.

Terdengar gila ya? Pemikiran para ilmuwan memang penuh dengan hal gila tapi kita harus menerima fakta kalau dunia kita yang modern ini adalah hasil pemikiran gila para ilmuwan terdahulu. Jadi, apakah hipotesis ini akan terbukti kebenarannya, kita hanya bisa menunggu.

Jika hipotesis ini bukan jawaban yang tepat untuk Fermi paradox masih banyak jawaban lainnya yang diutarakan para ilmuwan, seperti kemungkinan peradaban alien sudah hancur karena sumber daya habis atau alien pernah datang ke bumi namun itu sudah sangat lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Teori Zoo Hypothesis, Benarkah Manusia Sudah Diawasi Alien?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel