Misteri Lagu Lingsir Wengi, Benarkah Sebagai Pemanggil Makhluk Halus?

Misteri Lagu Lingsir Wengi.jpg

Masyarakat Indonesia masih sangat kental dengan hal-hal berbau mistik maka tak aneh banyak hal-hal di Indonesia yang dikaitkan dengan dunia gaib. Bahkan sebuah lagu pun bisa dikaitkan dengan hal-hal mistik salah satunya mengenai lagu Lingsir Wengi.

Lagu Lingsir Wengi sudah dianggap sebagai salah satu lagu penuh misteri di Indonesia yang konon katanya merupakan lagu pemanggil makhluk halus terutama kuntilanak. Benarkah demikian? Mari kita telusuri sejarah lagu berbahasa Jawa ini.

Asal Usul Lagu Lingsir Wengi


Hal mengejutkan datang dari asal usul terciptanya lagu ini. Kabarnya lagu Lingsir Wengi diciptakan oleh salah satu Walisongo yaitu Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga yang memiliki nama lain Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman ini diketahui sangat menyukai kesenian karena itulah ia menjadikan kesenian sebagai metode dakwahnya. Sunan Kalijaga sering menggunakan seni ukiran, wayang, gamelan, serta nyanyian dalam dakwahnya. Kidung Lingsir Wengi adalah salah satu yang ia ciptakan untuk metode dakwahnya. Sunan Kalijaga menciptakan kidung Lingsir Wengi dengan memakai pakem gending Jawa yaitu Macapat. Pakem Macapat ini terdiri dari 11 macam pakem yang salah satunya yaitu pakem Durma yang dipakai dalam Lingsir Wengi. Lagu-lagu yang memakai Pakem Durma harus mencerminkan suasana yang keras, sangar, suram, kesedihan, bahkan bisa mengungkapkan sesuatu yang mengerikan dalam kehidupan. Karena itu, lagu Lingsir Wengi dilantunkan dengan perasaan yang lembut, tempo pelan, dan sangat menyayat hati.

Pada awal terciptanya, lagu Lingsir Wengi kabarnya merupakan lagu yang isinya terdapat doa dan penolak bala dari gangguan makhluk halus. Setelah masa penyebaran agama islam Sunan Kalijaga selesai, lagu ini sering digunakan ibu-ibu untuk pengantar tidur anak-anaknya karena iramanya yang mendayu-dayu. Tapi, sebagian orang meyakini kalau lagu ini mengalami perubahan yang membuat makna awalnya juga hilang.

Ada versi lain yang mengatakan kalau lagu Lingsir Wengi sebenarnya berisi tentang seseorang yang tidak bisa tidur karena jatuh cinta pada seseorang. Dibawah ini lirik lagu Lingsir Wengi yang sepertinya cocok untuk versi yang satu ini.

Lingsir Wengi
Lingsir wengi
Sepi durung biso nendro
Kagodho mring wewayang
Kang ngreridhu ati
Kawitane
Mung sembrono njur kulino
Ra ngiro yen bakal nuwuhke tresno
Nanging duh tibane aku dewe kang nemahi
Nandang bronto
Kadung loro
Sambat-sambat sopo
Rino wengi
Sing tak puji ojo lali
Janjine mugo biso tak ugemi

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih seperti ini. “Menjelang tengah malam saat menjelang tengah malam, sepi tidak bisa tidur, tergoda bayanganmu di dalam hatiku, permulaanya, hanya bercanda kemudian terjadi tidak mengira akan jadi cinta, kalau sudah saatnya akan terjadi pada diriku menderita sakit cinta (jatuh cinta) aku harus mengeluh kepada siapa, siang dan malam, yang saya cinta jangan lupakan ku, janjinya kuharap tak diingkari”.

Dari awal sebenarnya lagu ini bukanlah lagu pemanggil hantu bahkan awalnya diciptakan oleh seorang Sunan Kalijaga dan penuh dengan hal positif. Lantas dari mana awal mula lagu ini dikenal sebagi lagu pemanggil makhluk halus?

Awal Mitos Lagu Lingsir Wengi Sebagai Lagu Pemanggil Hantu


Film Kuntilanak (2006) dari sutradara Rizal Mantovani adalah awal mula lagu Lingsir Wengi dikenal sebagai lagu pemanggil hantu. Film tersebut cukup populer dan memberikan kesan misterius pada lagu Lingsir Wengi yang dalam film diceritakan bisa memanggil hantu kuntilanak. Berikut lirik lagu Lingsir Wengi versi film Kuntilanak (2006).

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya seperti ini. “Menjelang malam, dirimu akan lenyap. Jangan bangun dari tempat tidurmu. Awas jangan menampakkan diri. Aku sedang dalam kemarahan besar. Jin dan setan yang kuperintah. Menjadi perantara. Untuk mencabut nyawamu”. Maaf kalau terjemahannya kurang tepat, saya tidak bisa bahasa Jawa, saya mengambil terjemahannya dari beberapa sumber.

Lirik tersebut memang agak berbau-bau mistik namun sebagian orang meragukan kalau lirik tersebut adalah lirik asli dari lagu Lingsir Wengi.

Setelah film tersebut booming, mitos-mitos mengenai lagu Lingsir Wengi pun bermunculan. Salah satunya mitos yang mengatakan kalau kita menyanyikannya pada malam hari dan dalam keadaan sendirian maka kita akan didatangi makhluk halus khususnya kuntilanak. Ada juga cerita tentang lagu Lingsir Wengi dan pohon bambu dimana ketika seseorang menyanyikan lagu Lingsir Wengi di dekat pohon bambu seketika itu juga pohon bambu tersebut bengkok dengan sendirinya. Ada juga kabar yang mengatakan kalau wanita yang sedang haid dilarang mendengarkan lagu ini karena si wanita sedang dalam keadaan tidak suci sementara lagu Lingsir Wengi bisa mengundang makhluk halus dan bisa merasuki si wanita yang tidak dalam keadaan suci tersebut. Selanjutnya ada mitos dimana kita tidak boleh menyanyikan lagu ini bersama-sama dalam jumlah ganjil karena akan ada yang datang untuk membuatnya menjadi genap. Kabarnya juga ada orang yang kesurupan di salah satu acara TV yang langsung menyanyikan lagu Lingsir Wengi. Selain itu, ada seseorang yang menceritakan kalau temannya sakit meriang selama tiga hari setelah dikerjain dengan lagu Lingsir Wengi.

Beberapa paranormal memaparkan kalau lagu Lingsir Wengi yang bukan ciptaan Sunan Kalijaga memang bisa untuk memanggil mahkluk halus. Tapi, semuanya masih sebatas mitos dan yang namanya mitos masih belum jelas kebenarannya. Hanya karena lagu Lingsir Wengi terdengar menakutkan bukan berarti lagu ini sebagai pemanggil setan. Alasan kenapa lagu ini memiliki melodi yang agak menyeramkan karena menggunakan Pakem Durma seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Entah benar atau tidaknya mitos-mitos tersebut yang pasti lagu Lingsir Wengi adalah salah satu warisan budaya kita yang harus tetap kita lestarikan.

Tags: Lagu Lingsir Wengi, Penampakan Kuntilanak, Sejarah, Fakta, Asal Muasal

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Lagu Lingsir Wengi, Benarkah Sebagai Pemanggil Makhluk Halus?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel