Misteri Asal Usul Lagu Nina Bobo

Misteri Nina Bobo.jpg

Lagu Nina Bobo adalah lagu anak yang sangat populer di Indonesia. Lagu ini banyak dipergunakan sebagai lagu pengantar tidur untuk anak kecil. Dilansir dari Wikipedia, kata Nina dalam judul lagu ini sebenarnya bukanlah nama seseorang tapi kata Nina diambil dari bahasa Portugis menina yang artinya gadis namun lagu Nina Bobo tetap bisa dinyanyikan untuk anak laki-laki ataupun perempuan.

Lagu Nina Bobo memiliki 2 versi.

Versi 1
Nina bobo oh nina bobo
kalau tidak bobo digigit nyamuk.
Marilah bobo oh nona manis,
kalau tidak bobo digigit nyamuk.

Versi 2
Nina bobo oh nina bobo
kalau tidak bobo digigit nyamuk.
Bobolah bobo adikku sayang,
kalau tidak bobo digigit nyamuk.

Lagu ini juga terkenal di Belanda. Nina Bobo di sana dipopulerkan oleh Anneke Grönloh dan Wieteke van Dort. Berikut lirik lagu Nina Bobo dalam bahasa Belanda.

Slaap meisje, oh slaap, meisje (tidurlah gadis, o tidur, gadis)
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat seekor nyamuk)
Laten we gaan slapen, oh lief meisje, (tidurlah tidur, o gadis manis)
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden. (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat nyamuk)

Tahukah kalian kalau lagu Nina Bobo kabarnya punya mitos mengerikan terkait asal usulnya. Lagu Nina Bobo sebenarnya terlihat baik-baik saja jika dilihat dari lirik ataupun cara menyanyikannya tidak berbau mistis sama sekali. Entah dari mana isu mengenai asal usul mengerikan lagu ini berasal yang pasti ceritanya cukup populer dan membuat lagu Nina Bobo punya kesan creepy. Ada 2 versi cerita mengenai asal usul lagu ini.

Cerita pertama, kisah tentang sebuah keluarga yang memiliki seorang anak perempuan bernama Helenina, biasa dipanggil Nina yang lahir pada tahun 1871. Anak perempuan dengan nama asli Helenina Mustika Van Rodjnik ini adalah seorang putri dari pasangan Mustika dan Van Rodjnik. Mustika adalah seorang wanita keturunan Jawa yang berprofesi sebagai penari sementara Van Rodjnik adalah seorang kapten tentara Belanda jadi Helenina adalah seorang blasteran Jawa-Belanda.

Sejak kecil Nina mengalami kesulitan untuk tidur, sang ibu Mustika harus bersenandung agar Nina bisa tidur. Lama kelamaan hal ini menjadi kebiasaan bagi Nina, jika sang ibu tidak bersenandung bisa dipastikan Nina tidak bisa tidur. Akhirnya sang ayah Van Rodjnik menuliskan sebuah lagu pengantar tidur yakni lagu Nina Bobo yang kita kenal sekarang.

Tahun 1878 pada usia 6 tahun, Nina mengalami sakit parah dan akhirnya meninggal. Pasangan Jawa-Belanda itu pun terpukul atas kematian Nina terutama Mustika. Ditinggalkan oleh putri tercinta di usianya yang masih belia adalah hal sulit bagi Mustika.

Seminggu setelah kematian Nina, Van Rodjnik melihat keanehan pada istrinya. Ia mendengar Mustika menyanyikan lagu Nina Bobo di kamar mandi. Saat ditanya oleh sang suami, Mustika mengaku mendengar Nina menangis dan ingin dinanyikan lagu Nina Bobo. Sejak saat itu Mustika menyanyikan lagu Nina Bobo setiap malam sampai ia meninggal pada tahun 1929.

Setelah kematian istrinya, Van Rodjnik mulai diteror suara tangisan anak kecil namun Van Rodjnik mengabaikan suara tersebut. Hingga pada suatu malam Van Rodjnik dibangunkan oleh seorang anak kecil yang menangis. Anak kecil tersebut berkata pada Van Rodjnik "Papa.... Kok papa nggak menyanyikan lagu lagi buat Nina?". Perkataan anak kecil tersebut membuat pikiran Van Rodjnik terganggu. Akhirnya Van Rodjnik setiap malam menyanyikan lagu Nina Bobo di kamarnya sampai akhirnya ia menyusul istri dan putrinya.

Dari cerita ini konon katanya setiap anak yang dinyanyikan lagu Nina Bobo sebelum tidur maka arwah Nina akan datang untuk menjaga anak tersebut sampai anak tersebut bangun.

Hantu Nina Bobo.jpg

Cerita kedua datang dari keluarga musisi Belanda yang pindah ke Indonesia karena ingin mengembangkan karir di Indonesia. Nina Mijk adalah anak perempuan dari keluarga musisi tersebut. Pada suatu malam disaat hujan lebat disertai petir hebat, Nina tiba-tiba menjerit-jerit dan mengeluarkan kata-kata umpatan kasar serta tingkahnya seperti orang yang kesurupan. Nina mengalami ini hampir setiap malam dan membuat keluarganya kebingungan. Keluarganya memutuskan memasung Nina agar Nina tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena keanehan yang terjadi pada Nina, ayahnya pulang ke Belanda lalu para pembantu di rumahnya juga pergi karena ketakutan. Kini tinggal Nina dan Ibunya.

Di suatu malam Nina terdengar tidak menjerit-jerit lagi dan ibunya memeriksa Nina karena penasaran. Ibunya melihat Nina sedang duduk di atas kasur sambil menangis. Ibunya langsung memeluk Nina yang sedang menangis lalu Nina meminta ibunya untuk menyanyikan sebuah lagu pengantar tidur karena ia sudah lelah dan ingin tidur. Ibunya akhirnya menyanyikan lagu Nina Bobo lalu Nina pun tertidur dan tidak pernah bangun lagi.

Kebenaran kedua cerita tersebut memang sulit untuk dibuktikan karena hanya sebatas cerita dari mulut ke mulut dan mungkin hanya sebatas mitos. Namun, mitos selalu menarik karena selalu menimbulkan misteri yang punya daya tarik tersendiri.

Tags: Hantu Nina Bobo, Fakta Unik, Kisah Sejarah, Asal Mula, Cerita, Lagu Misterius, Lagu-Lagu Mengerikan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Asal Usul Lagu Nina Bobo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel