Suara Misterius di Lagu Thinking Out Loud dari Ed Sheeran

Misteri Lagu Thinking Out Loud.jpg

Thinking Out Loud adalah lagu dari penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran. Lagu ini dirilis pada tanggal 24 September 2014 dan masuk dalam album X (dibaca multiply). Pada Oktober 2015, lagu ini menjadi yang pertama mendapat 500 juta kali streaming di Spotify dan pada Mei 2019 video klip lagu ini sudah ditonton sebanyak 2,7 miliar kali di YouTube. Lagu yang bergenre blue-eyed soul ini berhasil menduduki posisi pertama di UK Singles dan posisi kedua di Billboard Hot 100, selain itu Thinking Out Loud berhasil masuk nominasi di 3 kategori pada Grammy Awards ke-58 yakni di Record of the Year, Song of the Year, dan Best Pop Solo Performance.

Ed Sheeran menulis lagu Thinking Out Loud bersama temannya sesama musikus, Amy Wadge. Berkat meledaknya Thinking Out Loud, Amy Wadge bisa menyelamatkan rumahnya dari penyitaan bank. "Wadge sedang mengalami kesulitan finansial sekitar setahun yang lalu. Dia datang ke rumah saya. Saat itu album saya sudah hampir selesai dan dia bertanya apa saya bisa memasukkan sebuah lagu lama ke dalam album deluxe supaya dia bisa mendapat sedikit uang untuk membayar hipotek, tagihan, dan lain sebagainya," kata Ed Sheeran, seperti dilansir New Musical Express (NME), Senin (26/10/2015). "Saat dia di sana, kami menulis Thinking Out Loud. Sekarang dia tak perlu memikirkan uang lagi," ujar Sheeran.


Lirik Lagu Ed Sheeran - Thinking Out Loud

When your legs don't work like they used to before
And I can't sweep you off of your feet
Will your mouth still remember the taste of my love
Will your eyes still smile from your cheeks

And darling I will be loving you 'til we're 70
And baby my heart could still fall as hard at 23
And I'm thinking 'bout how people fall in love in mysterious ways
Maybe just the touch of a hand
Oh me I fall in love with you every single day
And I just wanna tell you I am

So honey now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
Maybe we found love right where we are

When my hair's all but gone and my memory fades
And the crowds don't remember my name
When my hands don't play the strings the same way, mm
I know you will still love me the same

'Cause honey your soul can never grow old, it's evergreen
Baby your smile's forever in my mind and memory

I'm thinking 'bout how people fall in love in mysterious ways
Maybe it's all part of a plan
I'll just keep on making the same mistakes
Hoping that you'll understand

But baby now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
That maybe we found love right where we are, oh

So baby now
Take me into your loving arms
Kiss me under the light of a thousand stars
Oh darling, place your head on my beating heart
I'm thinking out loud
That maybe we found love right where we are

Oh maybe we found love right where we are
And we found love right where we are

Lagu Thinking Out Loud terdengar easy listening dengan suara Ed yang merdu. Namun, tahukah kalian kalau ada sebuah suara misterius yang ikut dalam lagu ini. Jika di video klipnya kalian bisa mendengarnya di menit 00:45 sementara di versi mp3 berada di menit 00:36. Ketika Ed menyanyikan bagian lirik "baby my heart" terdengar suara misterius yang mengikuti suara Ed yang mengucapkan heart. Suaranya tidak terlalu jelas apakah itu suara laki-laki atau perempuan. Bahkan jika kita tidak cermat suara tersebut bisa dengan mudah terabaikan.

Isu mengenai suara misterius di lagu Thinking Out Loud ini pertama kali muncul di Filipina karena lagu ini sempat tenar di sana, bahkan saking populernya ada yang bilang Thinking Out Loud menjadi lagu kebangsaan kedua disana. Suara tersebut memang benar ada dan menimbulkan pertanyaan, suara siapakah itu? Ada yang mengaitkannya dengan hal-hal supranatural bahwa suara tersebut adalah suara arwah gentayangan yang menempati studio tempat Ed rekaman. Namun, tak sedikit juga yang menyangkal dugaan tersebut.

Ada yang mengatakan kalau suara itu adalah suara Harry Styles karena sebelum isu ini beredar, banyak orang yang merasa mendengar suara Harry sebagai backing vocal di lagu ini. Ada juga yang meyakini kalau ada kesalahan dalam proses pengeditan lagu ini.

Dilansir dari Manila Bulletin, koran lokal Filipina, Seorang editor suara bernama Mica Marie Venturero tidak menemukan adanya kesalahan editing, tidak menemukan usaha untuk memproduksi reverb, tidak setuju kalau ‘suara itu’ adalah suara gitar dan tidak setuju kalau ada backing vocal. Dia mengatakan, biasanya ketika penyanyi sedang rekaman, dia akan berada di ruangan tertutup, jadi tidak akan ada ‘suara lain’ yang terlibat. Jadi Venturero pun menyimpulkan memang ada 'yang mengikuti' suara Ed Sheeran.

Luiz Azcona, seorang produser musik mengatakan kalau suara Ed di bagian itu 'mentah' sedikit bergetar, tapi dibiarakan saja supaya emosinya semakin 'dapet'. Kalau soal kesalahan editing, dia rasa hal itu tidak mungkin. Mereka pastinya sangat berpengalaman dan sudah profesional.

Michael Vincent menjelaskan secara panjang lebar namun intinya adalah tentang gelombang suara. Menurutnya kejanggalannya juga terjadi di bagian lain dari lagu ini. Sepertinya ada kesalahan ketika rekaman masih berlangsung. Tidak ada yang begitu signifikan dan supranatural atau mistis. ‘Suara’ itu hanya gema, bukan berasal dari ‘hal luar’. Sementara Aeron Kiel Mactal tidak terlalu yakin dengan isu soal gelombang suara. Menurutnya, sesuatu yang dikatakan misteri ini sebenarnya berasal dari masalah sensitivitas dan juga sedikit gema. Ronald Basmayor mengatakan bisa saja pihak Ed melakukan kesalahan. Misalnya karena kualitas mikrofonnya. Atau, ada kesalahan juga ketika mengutak-atik tombol agar instrumen dan vokalnya pas. Dia juga setuju dengan Aeron soal suara yang cracked atau sedikit bergetar karena terlalu rendah. Sehingga audio compressor harus dipakai untuk membuatnya lebih terdengar nyaring dan juga emosional.

Kulas yang merupakan seorang blogger sekaligus pekerja radio dari Filipina mengatakan tak perlu takut dengan suara misterius tersebut. Ia berpendapat kalau suara itu disengaja karena setiap lagu sebelum dipasarkan biasanya materi lagu itu akan kembali didengar dengan seksama di monitor suara yang canggih termasuk dengan menggunakan software Adobe Audition Sound-Editing. Jadi bisa kelihatan kalau ada kesalahan apapun, terlihat juga bagian-bagian mana yang harus diubah atau diperbaiki.

Yang paling unik menurut beberapa psikolog, rumor soal ‘suara aneh’ ini bisa muncul dari seseorang yang sering menonton film horor atau mereka yang suka main game online. Imajinasi dan keyakinan mereka cukup kuat. Sehingga mampu memengaruhi yang lain untuk percaya atau minimal ketakutan.

Baca juga: Mitos Dibalik Lagu Resah dari Payung Teduh

Suara tersebut memang ada namun bisa saja hanya sebuah kesalahan atau hal yang disengaja dari pihak Ed Sheeran atau bisa juga itu memang suara misterius milik makhluk tak kasat mata. Biarlah itu tetap menjadi misteri.

Tags: Suara Aneh Di Lagu, Ed Sheeran, Fakta Unik, Trivia, Informasi Lengkap, Video Klip, Menit Detik, Suara Hantu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Suara Misterius di Lagu Thinking Out Loud dari Ed Sheeran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel