Misteri Kutukan Lagu My Way dari Frank Sinatra

Misteri Kutukan Lagu My Way.jpg

Francis Albert Sinatra atau yang lebih dikenal dengan Frank Sinatra adalah seorang penyanyi, aktor dan produser asal Amerika Serikat yang sangat populer pada abad ke-20. Ia lahir pada tanggal 12 Desember 1915 di Hoboken, New Jersey dan meninggal pada tanggal 14 Mei 1998 di Los Angeles, California pada usia 82 tahun.


Lirik Lagu Frank Sinatra - My Way

And now, the end is near
And so I face the final curtain
My friend, I'll say it clear
I'll state my case, of which I'm certain

I've lived a life that's full
I've traveled each and every highway
But more, much more than this
I did it my way

Regrets, I've had a few
But then again, too few to mention
I did what I had to do
And saw it through without exemption

I planned each charted course
Each careful step along the byway
And more, much more than this
I did it my way

Yes, there were times, I'm sure you knew
When I bit off more than I could chew
But through it all, when there was doubt
I ate it up and spit it out
I faced it all and I stood tall
And did it my way

I've loved, I've laughed and cried
I've had my fill my share of losing
And now, as tears subside
I find it all so amusing

To think I did all that
And may I say - not in a shy way
Oh no, oh no, not me
I did it my way

For what is a man, what has he got
If not himself, then he has naught
To say the things he truly feels
And not the words of one who kneels
The record shows I took the blows
And did it my way

Yes, it was my way

Lagu My Way adalah salah satu lagu andalan Frank yang dirilis pada tahun 1969. Lagu yang berdurasi 4 menit 35 detik ini masuk pada album My Way. Lagu My Way awalnya adalah sebuah lagu Prancis berjudul Comme d'habitude yang ditulis oleh Claude François, Gilles Thibaut dan Jacques Revaux, pada tahun 1967 Claude sendiri membawakan lagu ini dan meraih kesuksesan di Prancis. Hingga akhirnya lagu Comme d'habitude didengar oleh Paul Anka yang tertarik untuk membuat versi Inggrisnya. Setelah meminta izin kepada para pemilik hak cipta, Paul kemudian menulis ulang lagu ini dalam bahasa Inggris dan terciptalah My Way. Namun, makna lirik yang dibuat Paul tidak ada mirip-miripnya dengan lagu aslinya, dimana lagu aslinya yakni Comme d'habitude menceritakan tentang patah hati atau perpisahan sementara My Way bercerita tentang seseorang yang menjalani hidupnya dengan caranya sendiri. Namun, ada juga kabar kalau Paul menuliskan tentang Frank di lagu ini.

Paul menulis lagu My Way memang khusus untuk Frank. “Aku mendengar 'My Way' (yang dinyanyikan Frank) untuk pertama kalinya dan saya mulai menangis” ungkap Paul dikutip dari CNN. Meskipun Paul sendiri adalah seorang penyanyi namun ia ingin Frank yang membawakan lagu ini, bahkan saat perusahaan rekaman mendengarkannya dan begitu bersemangat untuk segera merekamnya, Paul malah berkata "hei, saya yang menulis liriknya, tetapi saya bukan lah orang yang akan membawakan lagu tersebut, lagu ini untuk Frank, bukan yang lain!". Saat lagu ini dibawakan oleh Elvis Presley di konsernya pada pertengahan tahun 1970-an, Paul juga sempat mengatakan lagu tersebut tidak cocok untuk Elvis.

Lirik My Way sebenarnya cukup keren dan memotivasi. Tentang bagaimana kita menjalani hidup dengan prinsip kita sendiri dan melewati masa-masa sulit dengan itu. Tak heran lagu ini dikenal sampai sekarang dan banyak orang menyukai lagu ini.

Ketika Kanselir Jerman Gerhard Schröder mengundurkan diri pada tahun 2005, lebih dari tujuh juta pemirsa TV menyaksikannya meneteskan air mata ketika mendengar band militer memainkan instrumen musik My Way. Lagu ini juga menjadi lagu favorit mantan Presiden Serbia, Slobodan Milosevic. Ia sering memutar lagu ini dengan volume tinggi di selnya selama menunggu persidangan atas kejahatan kemanusiaan pada tahun 2002. Selain itu, menurut survei yang dilakukan oleh Co-Operative Funeralcare pada tahun 2005, My Way menjadi lagu favorit yang paling banyak diputar di pemakaman.

Lagu ini memang membawa Frank pada kejayaan. My Way berhasil bertengger di posisi 2 US Billboard Adult Contemporary, posisi 5 UK Singles, dan posisi 27 UK Singles. Tapi, tahukah kalian kalau lagu ini pernah disebut lagu terkutuk khususnya Filipina, bahkan ada sebutan My Way killings untuk kutukan tersebut.

Banyak kejadian kematian di tempat karaoke saat memutar lagu ini. Sejak tahun 2000, ada 6 kasus kematian di tempat karaoke saat lagu ini diputar di Filipina. Bahkan beberapa tempat karaoke di sana sampai menghapus lagu My Way dari daftar pilihan lagu.

Pada tahun 2007, seorang pria bernama Romy Baligula menyanyikan lagu ini di sebuah tempat karaoke. Karena merasa suara Romy tidak enak didengar, seorang penjaga keamanan disana bernama Robilito Ortega menyuruhnya berhenti bernyanyi. Namun, Romy enggan untuk berhenti sampai akhirnya secara tidak terduga Ortega menembak Romy dengan pistol kaliber 38 tepat di dadanya hingga akhirnya pria tersebut tewas di tempat.

Beberapa orang pun mulai mengeluarkan pendapatnya terkait Kutukan lagu My Way. Butch Albarracin yang merupakan guru di salah satu sekolah bernyanyi mengatakan jika lirik lagu My Way memang bisa memicu kesombongan pada si penyanyi. Sementara seorang pakar budaya pop Roland Tolentino beranggapan kalau kematian yang berkaitan dengan lagu My Way karena kultur sosial di Filipina memang keras, itulah kenapa kasus ini hanya terbatas terjadi di Filipina saja.

Terkait semua dugaan terkait kutukan tersebut, lirik My Way jika kita melihatnya secara positif sebenarnya sangat keren dan memotivasi. Hanya saja pembawaannya yang terkesan kuno akan membuat remaja sekarang sulit menyukai lagu ini.

Tags: Lagu Terkutuk My Way Di Tempat Karaoke, Fakta Unik, Informasi Lengkap, Trivia, Latar Belakang, Cerita

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Kutukan Lagu My Way dari Frank Sinatra"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel