Misteri Lagu Bohemian Rhapsody dari Queen

Misteri Lagu Bohemian Rhapsody.jpg

Untuk kalian penikmat rock era 90-an kebelakang pasti tahu dengan band Queen. Band yang satu ini memang menjadi ikon musik rock klasik. Lagu-lagunya seperti We Will Rock You, Bohemian Rhapsody, dan We Are the Champions adalah lagu-lagu rock jadul yang bahkan masih disukai oleh generasi saat ini.

Queen dibentuk pada tahun 1970 di London, Inggris. Personelnya adalah Freddie Mercury (vokal & piano), Brian May (gitar & vokal), Roger Taylor (drum & vokal), dan John Deacon (gitar bass). Queen sudah merilis 15 album studio dan 15 album kompilasi, sudah banyak penghargaan yang band ini rengkuh sampai saat ini.

Salah satu lagu paling populer dari band Queen adalah Bohemian Rhapsody. Lagu ini menjadi singel dalam album studio ke-4 mereka yang berjudul A Night at the Opera. Lagu dengan genre progressive rock, hard rock, dan progressive pop ini dirilis pada tanggal 31 Oktober 1975. Bohemian Rhapsody berhasil merajai UK Singles serta beberapa tangga lagu di dunia seperti di Australia, Belgia, Kanada, Belanda, dan Selandia Baru, namun di US Billboard Hot 100 lagu yang ditulis sendiri oleh sang vokalis Freddie Mercury ini hanya mampu sampai posisi 9.

Dalam Komposisi lagunya, bisa dbilang lagu Bohemian Rhapsody ini terkesan aneh. Karena terdiri dari Intro, Ballad, Solo Gitar, Opera, Hard Rock, dan Outro. Sedangkan, lagu ini juga tidak memiliki Chorus yang biasanya ada dalam setiap lagu.


Lirik Lagu Queen - Bohemian Rhapsody

Is this the real life?
Is this just fantasy?
Caught in a landslide,
No escape from reality.

Open your eyes,
Look up to the skies and see,
I'm just a poor boy, I need no sympathy,
Because I'm easy come, easy go,
Little high, little low,
Any way the wind blows doesn't really matter to me, to me.

Mama, just killed a man,
Put a gun against his head,
Pulled my trigger, now he's dead.
Mama, life had just begun,
But now I've gone and thrown it all away.

Mama, ooh,
Didn't mean to make you cry,
If I'm not back again this time tomorrow,
Carry on, carry on as if nothing really matters.

Too late, my time has come,
Sends shivers down my spine,
Body's aching all the time.
Goodbye, everybody, I've got to go,
Gotta leave you all behind and face the truth.

Mama, ooh (any way the wind blows),
I don't wanna die,
I sometimes wish I'd never been born at all.

I see a little silhouetto of a man,
Scaramouche, Scaramouche, will you do the Fandango?
Thunderbolt and lightning,
Very, very frightening me.
(Galileo) Galileo.
(Galileo) Galileo,
Galileo Figaro
Magnifico-o-o-o-o.

I'm just a poor boy, nobody loves me.
He's just a poor boy from a poor family,
Spare him his life from this monstrosity.

Easy come, easy go, will you let me go?
Bismillah! No, we will not let you go. (Let him go!)
Bismillah! We will not let you go. (Let him go!)
Bismillah! We will not let you go. (Let me go!)
Will not let you go. (Let me go!)
Never let you go (Never, never, never, never let me go)
Oh oh oh oh
No, no, no, no, no, no, no
Oh, mama mia, mama mia (Mama mia, let me go.)
Beelzebub has a devil put aside for me, for me, for me.

So you think you can stone me and spit in my eye?
So you think you can love me and leave me to die?
Oh, baby, can't do this to me, baby,
Just gotta get out, just gotta get right outta here.

(Ooooh, ooh yeah, ooh yeah)

Nothing really matters,
Anyone can see,
Nothing really matters,
Nothing really matters to me.

Any way the wind blows.

Jika melihat liriknya mungkin kalian merasa penasaran kenapa ada kalimat Bismillah (dengan nama Allah) dilagu tersebut, apakah lagu tersebut ada kaitannya dengan agama Islam? Anehnya, setelah kalimat yang suci bagi umat islam itu, di lagu Bohemian Rhapsody kemudian ada kata Beelzebub. Lantas apa itu Beelzebub? Beelzebub adalah nama dewa orang Filistin (lebih tepatnya sejenis Ba’al, dari kata Ba‘al ZebĂ»b , yang artinya "Dewa Lalat") dan dalam Perjanjian Baru sebagai sinonim untuk Setan. Dikatakan bahwa Beelzebub adalah iblis yang menyebabkan kehancuran, membuat setan-setan disembah manusia, membuat nafsu berat manusia untuk membunuh, dan hasrat ingin selalu berperang. Beelzebub termasuk tiga Fallen Angels terkenal yaitu Beelzebub, Lucifer, dan Leviathan. Beelzebub juga mewakili 7 dosa besar yaitu Gluttony atau kerakusan. Apa tujuan Freddie memasukkan kata Bismillah dan Beelzebub? Lalu, apa makna lagu Bohemian Rhapsody itu sendiri?

Makna lagu yang awalnya berjudul The Cowboy Song ini sampai sekarang masih menjadi misteri. Ada yang bilang kalau lagu ini tentang seseorang yang akan menghadapi eksekusi mati karena dirinya melakukan pembunuhan, dan lagu ini menjadi semacam ungkapan hatinya seperti meminta maaf kepada ibunya, tidak ingin dikasihani sampai ingin Tuhan saja yang mengadilinya atas kesalahannya bukan masyarakat, kalimat Bismillah dan Beelzebub juga menandakan betapa besar keinginannya untuk terhindar dari hukuman mati hingga ia meminta kepada Tuhan dan iblis. Makna ini kabarnya diilhami oleh novel Albert Camus berjudul The Stranger yang diterbitkan pada tahun 1942. Memang lirik lagu Bohemian Rhapsody cukup dekat menggambarkan makna tersebut. Apakah benar itu makna lagu Bohemian Rhapsody?

Sebenarnya selain kalimat Bismillah dan Beelzebub, ada beberapa kata-kata aneh yang ada di lagu ini, seperti Scaramouche, Galileo, Figaro, Magnifico, dan Fandango. Jika dicari tahu apa makna kata-kata tersebut ternyata tidak ada korelasinya sama sekali satu sama lain yang membuat makna lagu ini semakin sulit diketahui. Lagu-Lagu dengan lirik aneh serta misterius seperti ini memang memunculkan banyak interpretasi dari orang-orang yang mendengarnya. Jadi, setiap orang bisa memaknai lagu ini seperti yang mereka inginkan, maka muncul lah pendapat-pendapat lain terhadap makna lagu ini.

Ada pendapat yang mengatakan kalau lagu yang direkam di 6 studio musik yang berbeda ini tentang Galileo Galilei. Galileo adalah ilmuwan yang menyatakan bahwa peredaran bumi ini adalah bulat, mengelilingi matahari, dimana matahari sendiri sebagai sistem tata surya. Pemikiran bumi adalah bulat dan matahari sebagai pusat tata surya bertentangan dengan keyakinan kalangan agamawan pada masa itu. Kalangan agama meyakini bahwa bumi lah pusat alam semesta, matahari yang mengelilingi bumi. Akibat permikirannya itu, Galileo dianggap sebagai pembuat bid’ah dan dapat mengancam keimanan manusia. Gereja pun menghukumnya dengan pengucilan sampai mati.

Lagu Bohemian Rhapsody juga dipercaya sebagai ungkapan perasaan Freddie tentang orientasi seksualnya. Seperti yang kita tahu, penyanyi yang meninggal pada 24 November 1991 ini adalah seorang gay alias penyuka sesama jenis. Pada saat lagu ini dirilis pada era 1970-an, saat itu orang-orang penyuka sesama jenis terancam hukuman mati, jadi masuk akal jika Freddie banyak memasukkan kalimat-kalimat kematian di lagu Bohemian Rhapsody ini.

Namun ada juga pendapat kalau lagu Bohemian Rhapsody tidak memiliki makna yang jelas. Lirik yang dipilih hanya untuk menyesuaikan dengan musiknya saja.

Untuk judulnya Bohemian Rhapsody juga menyimpan misteri tersendiri. Kenapa diberi judul Bohemian Rhapsody? Kabarnya kata Bohemian diambil dari Bohemian Club, sebuah kelompok paganisme yang diduga sebagai sekte penyembah setan, mirip dengan Illuminati. Kelompok yang satu ini memiliki salah satu ritual melaksanakan ritus pagan yang sangat megah di Bohemian Grove dengan cara melakukan Cremation of Care Ceremony, yakni mengorbankan seorang anak dengan cara di bakar hidup-hidup. Acara ini pun secara rutin dilakukan tiap tahunnya.

Upacara lainnya yang dilaksanakan para penganut paganisme ini adalah ritus menyembah sebuah patung burung hantu raksasa setinggi 40 kaki dan mengorbankan manusia di altarnya. Perwujudan Burung hantu pun bisa kita lihat di uang 1 dollar Amerika, tersembunyi dalam sudut mata uang yang tampil dengan lambang mata satu itu.

Bohemian Club sendiri dibentuk pada tahun 1872 oleh 5 orang Jurnalis Amerika. club ini terletak 75 mil di luar San Fransisco. Perkumpulan ini mempunyai sebuah tempat untuk berkumpul yang diberi nama Bohemian Grove. Luasnya pun tidak main-main yakni mencapai 2700 hektar.
Bohemian Club saat ini sudah berkembang menjadi organisasi bagi orang terkenal dan kaya yang melangsungkan ritualnya selama 2 minggu tiap tahunnya. Karena inilah muncul teori seram yang mengaitkan bahwa frasa-frasa dalam lagu Bohemian Rhapsody ini sesungguhnya adalah mantra ritual sekte penyembah setan. Akibat gerakan Bohemian Club yang rahasia, kelompok ini pun luput dari perhatian wartawan dan media massa. Anggota perkumpulan ini ada seorang CEO berpengaruh di dunia, orang-orang pemerintah, dan penguasa media. Mereka berkumpul untuk mendengarkan pidato, propaganda, jaringan, dan saling membagi agenda. Freddie Mercury sendiri diketahui adalah seorang penganut zoroastrianisme atau majusi, sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno. Para penganutnya dikenal sebagai penyembah api.

Namun, Bohemian bisa berarti orang yang tidak nyaman dengan lingkungan sosialnya, sementara Rhapsody bermakna puisi atau ekspresi seseorang. Jadi, bisa saja jika Bohemian Rhapsody adalah ungkapan isi hati Freddie. Seperti yang diketahui, Freddie memiliki reaksi yang sulit ditebak serta merasa kurang nyaman dengan keramaian.

Dibalik semua misterinya, nikmati saja lagunya hanya sebatas hiburan.

Referensi:
https://www.kompasiana.com/laurairawati/573fd54ea723bdb71ad130f7/misteri-kalimat-bismillah-dalam-lagu-bohemian-rhapsody-nya-queen?page=all
https://m.fimela.com/news-entertainment/read/3684704/5-teori-kontroversial-di-balik-lagu-bohemian-rhapsody
gittify.blogspot.com/2012/04/misteri-aneh-dibalik-lagu-bohemian.html?m=1
https://style.tribunnews.com/2017/05/19/16-fakta-unik-bohemian-rhapsody-lagu-kontroversial-dan-terbaik-sepanjang-masa-dari-queen?page=all
https://entertainment.kompas.com/read/2018/11/07/192843610/di-balik-kontroversi-lagu-bohemian-rhapsody-milik-queen?page=all
https://www.boombastis.com/misteri-lagu-queen/190650
https://m.eramuslim.com/berita/tahukah-anda/bismillah-dalam-lagu-bohemian-rhapsody-queen-bukan-menggambarkan-allah.htm
https://www.bbc.com/indonesia/vert_cul/2015/09/150905_vert_cul_rock_klasik
hajingfai.blogspot.com/2012/09/misteri-dibalik-lagu-bohemian-rhapsody.html?m=1

Tags: Lagu Rock Jadul Menyembah Setan, Iblis, Mantra, Informasi Lengkap, Fakta Unik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Lagu Bohemian Rhapsody dari Queen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel