Misteri Lagu Hotel California dari The Eagles

Misteri Lagu Hotel California.jpg

The Eagles adalah sebuah band rock asal Amerika Serikat yang didirikan di Los Angeles pada tahun 1971. Personel awalnya adalah Glenn Frey, Don Henley, Bernie Leadon, dan Randy Meisner. Band ini sempat bubar namun comeback lagi dan masih aktif sampai sekarang dengan hanya menyisakan Don Henley sebagai personel awal terbentuknya band ini, ditemani Joe Walsh dan Timothy B. Schmit. The Eagles sampai saat ini sudah meraih 6 penghargaan Grammy Awards.

The Eagles sudah mengeluarkan 7 studio album dan 30 singel. Salah satu singel paling fenomenal dari band ini adalah Hotel California yang diciptakan oleh Don Felder yang mengaransemen musiknya sementara Don Henley dan Glenn Frey yang menulis liriknya. Salah satu penciptanya yakni Glenn Frey sudah berpulang pada 18 Januari 2016 lalu di usia 67 tahun. Hotel California masuk dalam album studio ke-5 mereka yang berjudul sama. Duet gitar Joe Walsh dan Don Felder dinobatkan sebagai solo gitar terbaik sepanjang masa oleh pembaca majalah Guitarist pada 1998. Tak heran sih, permainan gitar mereka berdua memang keren, sekelas lah sama duo gitaris DragonForce, Herman Li dan Sam Totman. Hanya saja Joe dan Felder versi soft-nya, karena seperti yang kita tahu duo gitaris DragonForce kebanyakan tampil lebih garang. Hotel California juga mendapatkan penghargaan Grammy Awards di kategori Record of the Year pada tahun 1978. Performa Hotel California di tangga lagu juga mengesankan, lagu yang berdurasi 6 menit 30 detik ini berhasil bercokol di puncak US Billboard Hot 100.

Lirik Lagu The Eagles - Hotel California

On a dark desert highway, cool wind in my hair
Warm smell of colitas, rising up through the air
Up ahead in the distance, I saw a shimmering light
My head grew heavy and my sight grew dim
I had to stop for the night
There she stood in the doorway
I heard the mission bell
And I was thinking to myself
"This could be Heaven or this could be Hell"
Then she lit up a candle and she showed me the way
There were voices down the corridor
I thought I heard them say

Welcome to the Hotel California
Such a lovely place (Such a lovely place)
Such a lovely face
Plenty of room at the Hotel California
Any time of year (Any time of year)
You can find it here

Her mind is Tiffany-twisted, she got the Mercedes bends
She got a lot of pretty, pretty boys she calls friends
How they dance in the courtyard, sweet summer sweat
Some dance to remember, some dance to forget

So I called up the Captain
"Please bring me my wine."
He said, "We haven't had that spirit here since nineteen sixty nine."
And still those voices are calling from far away
Wake you up in the middle of the night
Just to hear them say

Welcome to the Hotel California
Such a lovely place (Such a lovely place)
Such a lovely face
They livin' it up at the Hotel California
What a nice surprise (what a nice surprise)
Bring your alibis

Mirrors on the ceiling
The pink champagne on ice
And she said "We are all just prisoners here, of our own device"
And in the master's chambers
They gathered for the feast
They stab it with their steely knives
But they just can't kill the beast

Last thing I remember
I was running for the door
I had to find the passage back to the place I was before
"Relax," said the night man
"We are programmed to receive
You can check-out any time you like
But you can never leave!"

Lirik lagu Hotel California memiliki banyak interpretasi. Bahkan ketika Frey diwawancarai oleh BBC lebih dari satu dekade yang lalu, ia berkata "Orang-orang bertanya apa makna lagu ini, dan kami tak tahu apa maknanya". Jika kita lihat sekilas, lirik lagu ini tentang seseorang yang dalam perjalanan lalu mampir ke sebuah tempat yang namanya Hotel California.

Ada yang bilang kalau lagu ini tentang meraih mimpi. California kalau diibaratkan di Indonesia itu seperti Jakarta, sebuah tempat untuk mengadu nasib. Seseorang yang pergi ke sana bisa berhasil atau gagal. Sama seperti The Eagles, meskipun band ini terbentuk di Los Angeles yang masih menjadi bagian California nyatanya semua personel awal terbentuknya band ini tidak ada yang berasal dari California. Glenn Frey dari Michigan, Don Henley dari Texas, Bernie Leadon dari Minnesota, sementara Randy Meisner dari Nebraska. Mereka pergi ke California untuk meraih mimpi menjadi musisi terkenal dan akhirnya mereka berhasil meraihnya. Namun, di lagu ini bukan menampilkan hal-hal yang indah melainkan sebaliknya. Bagian lirik "We are all just prisoners here, of our own device" memiliki banyak makna, Don Henley penulis liriknya bilang kalau bagian lirik tersebut tentang musik ideal dan musik komersial. Ia mengatakan kalau komersialisasi musik membuat para musisi terpenjara dan merasa terbatasi. Terkait apa maknanya, bagian lirik itu sangat unik, seperti meramalkan masa depan. Lagu ini dirilis pada tahun 1977 dimana gadget belum seramai sekarang, dan lirik tersebut seperti meramalkan manusia yang akan 'terpenjara' oleh gadgetnya. Lihatlah sekarang bagaimana manusia sangat bergantung pada ponsel mereka.

Sedangkan para ekonomis menyebut istilah "Hotel California" untuk menyebut negara yang menggiurkan untuk menanam investasi. Namun ternyata sukar meninggalkan negara itu. Maka, lahirlah istilah "The Hotel California Effect" yang dipakai untuk menggambarkan efek negatif peraturan investasi.

Bisa dibilang kalau lagu ini tentang perjalanan karir The Eagles namun rasanya liriknya terkesan aneh untuk menggambarkan sebuah perjalanan karir. Maka muncul lah pendapat kalau lagu ini tentang pembangunan Church of Satan alias Gereja Setan. Hotel yang dimaksud di dalam lagu ini kabarnya adalah tempat berkumpulnya para pemuja setan bahkan lirik lagu ini juga disinyalir memiliki makna kekuatan dan sumpah para pemuja setan tersebut. Bagian lirik "They stab it with their steely knives, but they just can't kill the beast" katanya juga bermakna kekuatan setan sementara bagian lirik "You can check-out any time you like, but you can never leave!" menggambarkan para anggota pemuja setan yang terikat dengan sumpahnya. Dalam lagu Hotel California ada lirik "We haven't had that spirit here since nineteen sixty nine", uniknya pada tahun 1969 sebuah hotel di California Street, San Francisco dialih fungsikan menjadi Church of Satan oleh Anton LaVey. Anton LaVey yang memiliki nama panjang Anton Szandor LaVey lahir pada tanggal 11 April 1930 adalah seorang pendiri Church of Satan. Ia juga menulis beberapa buka diantaranya adalah The Satanic Bible, The Satanic Rituals, The Satanic Witch, The Devil's Notebook, dan Satan Speaks!. Gila, nih orang akrab banget sama setan…

Namun, untuk bagian lirik "They stab it with their steely knives, but they just can't kill the beast" kabarnya itu hanya tribute untuk band Steely Dan. Sementara Steely Dan sendiri pernah melakukan hal yang sama untuk The Eagles dalam lagu Everything You Did lewat lirik "Turn up the Eagles, the neighbors are listening."

Kebenaran kalau lagu Hotel California tentang Church of Satan memang belum terbukti, walaupun ada korelasi antara keduanya tapi bisa saja itu sebatas kebetulan.

Tags: Lagu Pemuja Setan, Tempat Menyembah Setan, Informasi Lengkap, Trivia, Fakta Unik

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Misteri Lagu Hotel California dari The Eagles"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel