Slender Man, Sosok Mengerikan Yang Muncul dari Internet

Misteri Slenderman.jpg

Kalian pernah mendengar sosok misterius Slender Man? Slender Man saat ini sudah menjadi legenda urban bagi masyarakat dunia terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Namun, sosok ini tidak seperti legenda urban kebanyakan yang berasal dari cerita rakyat atau mitos terdahulu di suatu tempat, Slender Man muncul dari sebuah fantasi liar di internet. Bagaimana awal mula kemunculan sosok ini hingga sekarang menjadi sosok populer bahkan sampai diadaptasi ke dalam media hiburan seperti game dan film?

Slender Man tercipta pada 10 Juni 2009 di sebuah thread di situs Something Awful. thread tersebut merupakan sebuah kontes Photoshop yang mengharuskan setiap orang berlomba membuat gambar yang mengandung entitas supernatural hasil editan Photoshop. Eric Knudsen yang menggunakan username Victor Surge berkontribusi dengan mengirimkan 2 buah gambar dengan sosok hitam tinggi, memiliki lengan yang panjang serta wajah yang datar, makhluk tersebut ia beri nama "The Slender Man". Bersama dengan 2 foto tersebut, ia menyertakan keterangan singkat di masing-masing foto.

Keterangan di foto pertama:

We didn't want to go, we didn't want to kill them, but its persistent silence and outstretched arms horrified and comforted us at the same time…

— 1983, photographer unknown, presumed dead.

Keterangan di foto kedua:

One of two recovered photographs from the Stirling City Library blaze. Notable for being taken the day which fourteen children vanished and for what is referred to as “The Slender Man”. Deformities cited as film defects by officials. Fire at library occurred one week later. Actual photograph confiscated as evidence.

— 1986, photographer: Mary Thomas, missing since June 13th, 1986.

Knudsen terinspirasi membuat sosok Slender Man dari banyak hal, diantaranya dari seri cerita "That Insidious Beast" buatan Zack Parsons, novel The Mist-nya Stephen King, laporan penampakan shadow people, Mothman, Mad Gasser of Mattoon, karakter The Tall Man dari film "Phantasm", dan lain-lain.

Knudsen terus mengirimkan kiriman terkait Slender Man berupa foto, kliping koran, dan gambar-gambar yang memperlihatkan visual lebih jelas dari Slender Man sampai akhirnya situs cerita horor fenomenal Creepypasta ikut membuat cerita yang menjadikan sosok Slender Man sebagai referensinya. Selanjutnya, Slender Man menjadi salah satu budaya pop dan muncul dalam berbagai media hiburan seperti di game Minecraft sebagai karakter Enderman, sosok ini juga dibuatkan gamenya sendiri dengan judul Slender: The Eight Pages dan Slender: The Arrival. Slender Man juga muncul dalam video series Marble Hornets di YouTube, sebuah video series dengan gaya found footage. Sebuah film dengan judul "Slender Man" yang disutradarai oleh Sylvain White juga dirilis pada tahun 2018.

Bagaimana sosok Slender Man sebenarnya?

Seperti yang kita tahu, Slender Man adalah karakter fiksi yang muncul hanya dari sebuah thread kontes Photoshop. Setiap orang yang membuat cerita mengenai Slender Man kadang punya versinya masing-masing mengenai bagaimana bentuk sosok mengerikan yang satu ini, namun kebanyakan menggambarkan bahwa Slender Man adalah sesosok makhluk humanoid dengan badan yang tinggi, tangan yang panjang, dan wajah yang rata tanpa hidung, mata, atau mulut. Sosok yang juga kerap digambarkan memiliki tentakel dibagian belakang badannya ini sering terlihat memakai kemeja hitam dan dasi merah.

Slender Man bisa menghipnotis dan kerap menculik anak-anak. Makhluk ini memang menjadikan anak-anak sebagai tergetnya, dalam versi cerita yang lebih seram Slender Man akan menyiksa anak-anak tersebut sampai memutilasinya kemudian menggantungnya di atas pohon, Slender Man sendiri sering muncul di hutan di balik kabut tebal.

Ada versi yang menjelaskan bahwa pada saat kemunculannya, kamera, cctv, dan berbagai perangkat elektronik lainnya akan mulai bermasalah. Kadang-kadang seseorang dapat menentukan apakah ia berada dekat dengan Slender Man hanya dengan bantuan alat elektronik tertentu yang bereaksi pada Slender Man seperti radio, televisi, atau kamera.

Tenang saja, kan itu semua hanya karangan saja. Namun, pada 2014 sebuah kejadian mengerikan menyeret nama Slender Man. Kejadian tersebut tepatnya terjadi pada 31 Mei 2014 di Waukesha, Wisconsin. Morgan Geyser dan Anissa Weier bocah 12 tahun membujuk teman mereka Payton Leutner yang juga berusia 12 tahun ke sebuah hutan lalu menusuknya dengan pisau sebanyak 19 kali. Leutner merangkak ke jalan dimana ia ditemukan dan berhasil selamat setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

Kedua pelaku yang masih dibawah umur tersebut melakukan tindakan kriminal kepada temannya sendiri lantaran cerita Slender Man yang mereka baca di internet. Mereka berdua percaya jika Slender Man itu ada dan mereka berdua ingin menjadi anak buah Slender Man. Mereka percaya untuk menjadi orang kepercayaan Slender Man mereka harus membunuh seseorang, setelah itu Slender Man akan menjadikan mereka orang kepercayaan dan tidak akan mengganggu keluarga mereka. Mereka juga akan diajak tinggal di rumah Slender Man yang mereka percaya berada di Nicolet National Forest.

Kejadian ini juga menjadi bukti bagaimana dampak negatif Internet untuk anak-anak jika penggunaannya tidak dalam pengawasan orang tua. Kita tahu bahwa Slender Man hanya sebatas karakter fiksi namun bagi anak-anak beda lagi. Pandangan mereka masih kabur akan hal yang nyata dan tidak, mereka bisa mempercayai apa saja, logika mereka belum matang.

Baca juga: Misteri Yeti, Monster Penghuni Pegunungan Bersalju

Weier dan Geyser sempat dinyatakan tidak bersalah dengan alasan gangguan mental namun pada Februari 2018 mereka diberikan hukuman dan harus berada di institusi kesahatan mental dalam waktu yang lama.

Meskipun hanya sebatas karakter fiksi, Slender Man juga sempat dikaitkan dengan sesosok penampakan yang meneror warga Cannock Chase, Staffordshire, Inggris. Salah satu warga yang mengalaminya adalah Pye Green yang mengaku sempat dikunjungi mahluk tersebut.

"Saya terbangun sebelum pukul 2 dinihari oleh sebuah suara menggaruk di kamar saya," kata perempuan itu.

"Betapa terkejutnya saya ketika melihat bayangan berbentuk lingkaran di tepian lemari saya," lanjutnya.

"Ketika saya mencoba bangkit dari ranjang dan melihat apa itu sebenarnya, bayangan itu mulai bergerak ke langit-langit. Itu adalah saat ketika saya melihat mahluk paling menyeramkan dan menakutkan yang belum pernah saya bayangkan sebelumnya," kata Green.

"Tingginya sekitar dua meter lebih dan berwajah putih dengan taring setajam pisau," tutupnya.

Kesaksian juga datang dari seorang warga lainnya. Warga itu mengaku melihat mahluk misterius melompat di atas tubuhnya.

"Saya dapat melihat ke dalam matanya, ada warna merah mengerikan yang membuat saya ketakutan setengah mati," kata warga tersebut.

"Kengerian itu berakhir ketika sosok berpakaian serba hitam dan topi berwarna sama, melompat kian tinggi dan tinggi sampai menghantam langit-langit saya dan menghilang," pungkasnya.

Bagaimanapun, Slender Man hanyalah fiktif, laporan penampakan yang ada mungkin hanya dilebih-lebihkan, sebagai seseorang yang tertarik dengan hal-hal supernatural dan misterius, saya lebih memilih berdiri di pihak yang tidak percaya akan keberadaan Slender Man. Entah mengapa rasanya aneh saja karakter yang tercipta di internet, dengan konfirmasi yang sudah jelas dari penciptanya, bisa tiba-tiba muncul di dunia nyata.

Sumber referensi:
www.wikipedia.org
www.idntimes.com
www.suara.com
www.moesama.net
www.kaskus.co.id
www.schoolpouringrights.com
www.tekno.tempo.co
www.xfilester.blogspot.com

Sumber gambar:
www.redbull.com

Keywords: The Slender Man, Slenderman, Kisah, Informasi Lengkap, Fakta Unik, Trivia, Creepypasta, Film, Foto, Animasi, Penampakan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Slender Man, Sosok Mengerikan Yang Muncul dari Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel